OPINI

Fenomena Musyawarah Mahasiswa Via Online Dikala Pandemik COVID-19

Presidium Sidang Musyawarah Mahasiswa HIMKOR 2021

Jakarta, BRAJANEWS.com – Musyawarah Mahasiswa (Musma) merupakan kegiatan musyawarah yang dilaksanakan rutin setiap tahun (1 periode) yang dilakukan oleh kalangan mahasiswa dalam sebuah organisasi.

Pada dasarnya, Musyawarah Mahasiswa adalah sebuah kegiatan non-Akademik yang diselenggarakan langsung oleh masing masing himpunan baik dalam lingkup Prodi, Departemen ataupun Universitas.

Tujuan dari musyawarah mahasiswa ini adalah untuk mencari & menggantikan ketua umum periode yang lalu ke ketua umum baru, membuat perubahan anggaran dan anggaran rumah tangga (AD/ART) disuatu organisasi, dan pembahasan mengenai Laporan pertanggungjawaban dari pengurus Himpunan setahun belakangan kepada calon pengurus Himpunan setahun kedepan.

BACA JUGA : Mulai 1 April Tes GeNose Bisa Digunakan di Bandara dan Pelabuhan

Tidak seperti pada tahun-tahun sebelumnya, di tahun 2021 ini banyak organisasi mahasiswa yang melakukan musyawarah mahasiswa via daring/online dikarenakan pandemik corona virus disease 2019 (COVID-19) yang mewabah didunia termasuk negara indonesia.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Organisasi Himpunan Mahasiswa Ilmu Keolahragaan Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika), Musyawarah Mahasiswa yang dilaksanakan organisasi ini digelar secara online pada Sabtu 27 Februari 2021.

Musyawarah ini digelar secara online bertujuan agar tidak terjadinya suatu kerumunan dalam satu ruangan dan juga sebagai upaya dari mahasiswa untuk membantu pemerintah dalam memerangi Covid-19 yang mewabah di Indonesia ini. Hal ini diungkapkan oleh wakil ketua umum terpilih periode 2021/2022, Syahrul Khudiman.

“Musyawarah Mahasiswa ini disepakati oleh seluruh anggota organisasi untuk dilaksanakan secara online atau daring, agar tidak terjadinya suatu kerumunan dalam satu ruangan dan juga sebagai upaya dari mahasiswa untuk membantu pemerintah dalam memerangi Covid-19 yang mewabah di Indonesia ini” Ujar Syahrul Khudiman lewat wawancara langsung pada Sabtu (27/2/2021) oleh tim BrajaNews.com

Ketua umum baru dalam sambutannya melalui aplikasi virtual meeting berharap agar covid-19 ini bisa berakhir ditahun 2021 sehingga musyawarah mahasiswa ditahun berikutnya bisa dilaksanakan secara tatap muka.

“Sebagai penutup,mari kita bangkit bersama untuk Himpunan Mahasiswa Ilmu Keolahragaan (HIMKOR) Unsika yang akan terus berjaya dan saya berharap juga agar berharap agar covid-19 ini bisa berakhir ditahun 2021 sehingga musyawarah mahasiswa ditahun berikutnya bisa dilaksanakan secara tatap muka” Kata Ragil Atoriq Ketua Umum HIMKOR Terpilih dalam penutupnya Sabtu (27/02/2021).

 

Reporter : Felix William Marpaung

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top