Indonesia

Token Listrik Gratis April 2021 Diganti dengan Diskon 50%, Ini Cara Mendapatkannya

Jakarta, BRAJANEWS.com – Periode pemberian stimulus listrik bagi pelanggan golongan 450 volt ampere (VA) dan 900 VA subsidi diperpanjang hingga Juni 2021. Namun mulai April hingga Juni mendatang, pemerintah melakukan penyesuaian terhadap mekanisme penyaluran stimulus listrik gratis tersebut.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan, mulai April ini besaran stimulus yang diterima pelanggan 450 VA dan 900 VA subsidi masing-masing dipotong 50%.

Dengan demikian, stimulus listrik yang diterima pelanggan golongan 450 VA menjadi 50 persen dari semula 100 persen, dan untuk golongan 900 VA subsidi menjadi 25 persen dari sebelumnya 50 persen.

Selaras dengan pemangkasan besaran stimulus tersebut, PT PLN (Persero) pun memutuskan untuk melakukan penyesuaian penyaluran stimulus listrik bagi pelanggan prabayar 450 VA dan 900 VA.

BACA JUGA : Pemerintah Pusat Resmi Menetapkan Larangan Mudik Lebaran 2021, Berikut Aturannya!

Berbeda dengan periode sebelumnya, pada periode penyaluran kali ini stimulus berupa token listrik bagi pelanggan prabayar tidak lagi bisa diklaim secara cuma-cuma melalui website resmi atau WhatsApp PLN.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril mengatakan, stimulus baru bisa didapatkan penerima bantuan setelah melakukan pembelian token listrik terlebih dahulu.

“Stimulus akan langsung di dapat saat membeli token listrik,” kata Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, dikutip Kamis (1/4/2021).

Stimulus listrik berupa nomor token listrik akan disertakan dalam pembelian token listrik penerima bantuan. Adapun bagi pelanggan pasca bayar, diskon diberikan langsung dengan memotong tagihan listrik pelanggan.

Cara mendapatkan diskon listrik stimulus Covid-19

Bagi pelanggan pascabayar, diskon diberikan dengan langsung memotong tagihan rekening listrik pelanggan.

Bagi pelanggan rumah tangga, bisnis dan industri daya 450 VA pasca-bayar, karena ada perubahan besaran stimulus maka diskon langsung didapat saat melakukan pembayaran rekening listrik.

Sementara untuk pelanggan prabayar, diskon tarif listrik diberikan saat pembelian token listrik.

“Untuk pelanggan prabayar daya 450 VA, tidak perlu lagi mengakses token, baik di web, layanan whatsapp, maupun PLN Mobile. Stimulus akan langsung didapat saat membeli token listrik,” ujar Bob.

Khusus untuk pembebasan biaya beban, abonemen, dan pembebasan ketentuan rekening minimum, pemberian stimulus akan diberikan secara otomatis dengan memotong tagihan rekening listrik konsumen sosial, bisnis dan industri.

BACA JUGA : Mabes Polri Diserang Terduga Teroris, 1 Orang Tewas

Potongan sebesar 50% hanya diberikan untuk biaya beban/abonemen dan biaya pemakaian rekening minimum.

Sebelumnya sepanjang tahun 2020, sejak bulan April, Pemerintah melalui PLN telah menyalurkan stimulus listrik sebesar Rp 13,15 Triliun kepada 33,02 juta pelanggan.

Sedangkan pada triwulan I (Januari-Maret 2021) pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 4,66 triliun untuk stimulus listrik.

Untuk memberikan layanan kepada pelanggan terkait stimulus, PLN membuka saluran pengaduan melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui Playstore atau AppStore.

Sumber

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top